Plafon Gypsum - Kelebihan dan Kekurangannya

Plafon Gypsum & Ciri Khas

Plafon gypsum di hasilkan dari bahan bebatuan sendimen yang kokoh. Umumnya panel plafon gypsum memiliki ukuran yang jauh lebih kecil jika di bandingkan dengan ukuran panel plester. Oleh karena itu, jenis plafon ini sering kali di gunakan sebagai bahan dari plafon gantung.

Setelah rangka plafon selesai di pasang, maka panel gypsum dapat di pasang ke dalam rangka. Pada dasarnya plafon berbahan dasar gypsum sangat mudah di manipulasi sehingga banyak produsen yang memproduksinya dalam berbagai macam model dan pola dari bahan ini.

Ketika panel gypsum di tempatkan secara khusus, maka akustik yang berbeda dapat di capai sehingga plafon gypsum sangat cocok di gunakan di bangunan perumahan dan perkantoran. Sama seperti bahan - bahan lainnya, plafon gypsum juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan plafon gypsum :

Kelebihan & Kekurangan Plafon Gypsum

Kelebihan Plafon Gypsum

  • Tampilan yang menarik dan bersih.
    Plafon gypsum dapat menghasilkan tampilan yang menarik dan elegan. Merupakan langkah tepat untuk menyulap rumah biasa menjadi mewah. Dan pemasangannya juga menghasilkan plafon yang rata dan mulus dengan sambungan tiap plafon yang tidak nampak.
  • Plafon gypsum memiliki beragam motif dan corak yang menarik yang dapat di sesuaikan dengan warna cat rumah yang indah dan sejuk.
  • Plafon gypsum memiliki beragam aksesoris seperti list, hiasan tengah, hiasan sudut dan masih banyak lagi.
  • Pembuatan plafon gyosum dapat di lakukan dalam berbagai macam. Bisa dalam bentuk seperti bertingkat atau yang di kenal dengan drop up ceiling, bentuk kubah atau dome, dan masih banyak lagi.
  • Untuk merawat plafon gypsum Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Karena perawatan plafon gypsum sangat mudah. Jika terjadi kerusakan Anda tidak perlu mengganti plafon secara keseluruhan, namun hanya mengganti bagian yang rusak saja.
  • Plafon gypsum memiliki harga yang relatif murah. Sangat cocok di gunakan sebagai cara membangun rumah dengan dana minim.
  • Plafon gypsum merupakan jenis material yang tahan terhadap api dan tidak mudah terbakar.
  • Proses pemasangan plafon gypsum tidak memerlukan waktu yang lama dan hasilnya pun rapi. Selain itu proses pemasangan plafon gypsum sangat fleksibel karena dapat di terapkan pada penggunaan rangka kayu maupun rangka hollow.

Kekurangan Plafon Gypsum

Di samping segala kelebihan yang di miliki plafon gypsum. Plafon gypsum juga memiliki kekurangan, yaitu :

  • Tidak tahan terhadap air. Ketika musim hujan kemungkinan rumah Anda mengalami kebocoran pun ada, air yang merembes pada plafon dapat meninggalkan noda bercak yang lama kelamaan justru bisa menghancurkan plafon tersebut.
  • Plafon gypsum tidak tahan benturan terhadap benturan.
  • Sebaiknya tidak menggunakan plafon gypsum pada area - area luar rumah seperti teras dan sebagainya karena plafon gypsum tersebut akan sangat mudah terkena tempias air hujan. Dengan begitu plafon justru akan lebih mudah hancur dan rusak yang akan merugikan Anda.

Demikianlah beberapa informasi yang wajib Anda ketahui. Semoga bermanfaat !