SKIP TO CONTENT
Griyabaja: 0858-6633-3419

Tanggal: Desember 12, 2019

Rincian Kolom, Slof dan Ring Balk Bangunan

Kolom adalah batang tekan vertikal dari rangka struktur yang memikul beban dari balok. Kolom merupakan suatu elemen struktur tekan yang memegang peranan penting dari suatu bangunan, sehingga keruntuhan pada suatu kolom merupakan lokasi kritis yang dapat menyebabkan runtuhnya (collapse) lantai yang bersangkutan dan juga runtuh total (total collapse) seluruh struktur (Sudarmoko 1996).

Definisi Kolom, Sloof dan Ring Balk

SK SNI T - 15 - 1991 - 03 mendefinisikan kolom adalah komponen struktur bangunan yang tugas utama nya menyangga beban aksial tekan vertikal dengan bagian tinggi yang tidak di topang paling tidak tiga kali dimensi lateral terkecil.

Pada sebuah konstruksi bangunan ada beberapa jenis pekerjaan beton, seperti pemasangan sloof, kolom, dan ring balk. Masing - masing memiliki peran untuk kekokohan bangunan. Berikut beberapa jenis pekerjaan beton tersebut, yaitu :

SLOF atau SLOOF

Sloof merupakan struktur dari bangunan yang terletak di atas pondasi dan memiliki fungsi untuk meratakan beban pondasi. Sloof juga berfungsi sebagai pengunci dinding agar apabila terjadi pergerakan tanah, dinding tidak roboh. Sloof sangat sangat berperan penting terhadap kekuatan dari bangunan.

Bahan yang digunakan adalah:

  • beton dengan campuran 1 semen : 2 pasir : 2 split (koral).
  • Dimensi sloof yang sering digunakan pada bangunan rumah tinggal lantai satu adalah lebar 15 cm, tinggi 20 cm, besi beton tulangan utama menggunakan 4 buah diameter 10 mm ( 4 d10 ).
  • Begel pada sloof menggunakan diameter 8 mm berjarak 15 mm (d8 - 15).
  • Untuk rumah dua lantai, dimensi sloof yang sering digunakan adalah lebar 20 cm, tinggi 30 cm, besi beton utama 6 d12 mm, begel d8 - 10 cm.

Proses pekerjaan pemasangan besi sloof di lakukan setelah permukaan pondasi batu belah di bersihkan dari kotoran tanah dan lain nya, agar adukan cor sloof bisa merekat maksimal pada permukaan pondasi batu belah.

Penyambungan yang benar pada pekerjaan pemasangan besi sloof adalah adanya pengait yang panjang nya minimal 50 cm diantara 2 ujung besi. Besi tersebut bertemu dan setiap ujung nya di bengkok kan 2 cm sebagai pengait.

Kolom

Kolom merupakan suatu elemen struktur tekan yang memegang peranan penting dari suatu bangunan. Bila kolom mengalami masalah penurunan kekuatan dapat menyebabkan runtuhnya nya bangunan. Struktur kolom di buat dari besi dan beton.

Besi adalah material yang tahan tarikan, sedangkan beton merupakan material yang tahan terhadap tekanan. Kedua nya merupakan gabungan antara material yang tahan tarikan dan tekanan. Gabungan kedua material ini dalam struktur beton memungkinkan kolom atau bagian struktur lain seperti sloof dan balok bisa menahan gaya tekan dan gaya tarik pada bangunan.

Untuk rumah sederhana, bentuk kolam ada dua yaitu kolom utama dan kolom praktis.

  • Kolom Utama
    Kolom utama adalah kolom yang fungsi utamanya menyanggah beban utama yang berada di atas nya. Untuk rumah tinggal di sarankan jarak kolom utama 3, 5 meter, agar dimensi balok untuk menopang lantai tidak begitu besar. Apabila jarak antara kolom di buat lebih dari 3, 5 meter, maka struktur bangunan harus di hitung.
    Dimensi kolom utama untuk bangunan rumah tinggal lantai 2 biasanya di pakai ukuran 20/20, dengan tulangan pokok 8d 12 mm, dan begel d8 - 10 cm ( 8 d12 maksudnya jumlah besi beton diameter 12 mm 8 buah, 8 - 10 cm maksudnya begel diameter 8 dengan jarak 10 cm )

  • Kolom Praktis
    Kolom praktis adalah kolom yang berfungsi membantu kolom utama dan juga sebagai pengikat dinding agar dinding stabil. Jarak kolom maksimal 3, 5 meter atau pada pertemuan pasangan bata ( sudut - sudut ). Dimensi kolom praktis 15/15 dengan tulangan beton 4 d10, begel d8 - 20.

Ring Balk

Ring balk adalah bagian dari struktur bangunan seperti balok yang terletak di atas dinding bata. Fungsi ring balk sebagai pengikat pasangan bata dan juga untuk meratakan beban dari struktur yang berada di atas nya, seperti beban yang di terima oleh kuda - kuda.

Pemasangan ring balk maksimal 4 meter dari sloof, idealnya 3 meter. Dimensi ring balk yang biasa digunakan adalah lebar 15 cm dan tinggi 15 cm dengan tulangan pokok ( besi beton ) 4d - 8 mm dan d6 - 15 cm. Demikian penjelasan tentang sloof, kolom, dan ring balk.

Konstruksi Bangunan

  • Pasang Fondasi Bangunan, Rumah
  • Pasang Bata Merah, Batako atau Bata Ringan
  • Pengerjaan plester dan acian tembok/dinding
  • Pasang Rangka Beton, Kolom dan Ring Balk
  • Pasang Lantai Keramik
  • Pengerjaan Pengecatan
  • Jasa Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Alamat Griyabaja Magelang

Banyakan 01/01 Gg Antasena, Mertoyudan, Kec. Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah 56172, Indonesia, Telp.085-866-333-419
Email: griya.baja[at]gmail[dot]com

Jam Kerja

  • Senin: 09:00-15:00
  • Selasa: 09:00-15:00
  • Rabo: 09:00-15:00
  • Kamis: 09:00-15:00
  • Jum'at: 09:00-15:00
  • Sabtu: 09:00-15:00
  • Minggu: 09:00-15:00
Tanggal Merah: Libur

PRIVACY & CONTACT


This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info